Bluberry cheese pie in jar



Sebulan yang lalu si mama Carisa -tetangga ngajak beli cheese cake and pie yang rasanya macem macem ada kitkat cheese pie, oreo cheese pie, bluberry cheese pie, strawberry cheese pie yg dijual homemade di perumahan daerah BSD, deket juga sih dari rumah kita, jadinya kami meluncur ke lokasi karna penasaran ama rasanya. Sampe disana aku pilih bluberry cheese pie sama yang rasa oreo nya, 2 aja cukup lah soalnya dah buat dompet kempes, hilang 1 lembar warna birunya. maklum lagi akhir bulan, minim bin sekarat dompetnya.. Hehehee.. Sampe rumah langsung dilahap karna penasaran ama rasanya, berhubung aku juga penggemar cheesecream..



Nyam nyam,, rasanya enak bingits.. lapisan pertama si selai bluberry, nyummnyumm segerr terus dilanjutkan lapisan kedua si cheesecream, enakkk. Rasanya bukan cuma keju, tapi ada asemnya juga, mungkin ada campuran yougurt or perasan air jeruk lemon ya karena aromanya wangi si jeruk lemon. Lapisan akhir ini dia si Pie remuk, yap, kulit pie nya diremukkin dan rasanya pas...
Dua wadah abis buatku semua, rencana mau kubagi sama papaEL, tapi ternyata godaan hati untuk memakannya semua 'maap ya pap besok kubeliin lagi aja' -dalem ati,, hehehe

Dan sebulan berselang.. bangun tidur ini mulut pingin bingit makan yang manis manis en seger seger, langsung aja keinget sama bluberry cheese pie in jar yang dibeli bulan lalu. Karena malasnya pergi dan demi hematnya uang dapur ;) aku putuskan untuk membuatnya saja, pasti aku bisaa.... -semangat membara ;)

Cari si Ipad dan mulai deh kebiasaan cari resep di mbah google. Biasanya aku cari resep di webnya mbak endang, ini buku resep aku nih. Resepnya pasti maknyos, belum semua resep disitu aku coba sih, tapi kalo lagi bingung cari resep kemana pasti kesini dulu. Btw thaks ya mbak sudah bagi bagi resep enak..;)

Untuk kulit pie nya aku pake resep kulit pie manis, dari resep asli aku adaptasi lagi,

Bahan kulit pie manis:
- 200 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 113 gram mentega, suhu ruang
- 50 gram gula pasir
- 1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat kulit pie:
Siapkan mangkuk campur tepung terigu dan garam, aduk rata. Sisihkan.

Masukkan mentega ke mangkuk mikser, kocok dengan speed sedang hingga lembut. Tambahkan gula dan kocok hingga mengembang dan warnanya menjadi pucat. Masukkan telur kocok bagi menjadi dua tahapan, dan kocok hingga tercampur dengan baik. 

Masukkan tepung terigu ke dalam kocokan mentega semuanya sekaligus. Aduk menggunakan saptula hingga tercampur baik dan membentuk satu gumpalan besar. Tuangkan adonan keplastic wrap, pipihkan hingga membentuk satu lingkaran diameter 15 cm. Bungkus denganplastic wrap dan simpan di kulkas selama 15 - 20 menit atau hingga adonan menjadi mengeras.

Panaskan oven di suhu 200'C, letakkan rak kawat di tengah oven.

Olesi permukaan loyang tart bongkar pasang anda dengan mentega, usahakan hingga semua lekukan terolesi dengan baik, agar kulit  mudah dilepaskan saat matang. Keluarkan adonan tart yang telah dingin dan mengeras dari dalam kulkas, letakkan adonan di tengah loyang. Tekan-tekan adonan sehingga melebar dan menempel di dinding loyang, lakukan hingga semua bagian dinding loyang tertutup oleh adonan, kemudian lanjutkan dengan meratakan bagian dasarnya sehingga adonan menutup rapat permukaan loyang dengan ketebalan yang sama.

Adonan sangat lembut dan empuk sehingga anda tidak memerlukan usaha yang keras untuk melakukannya. Jika adonan terasa lengket, celupkan ujung-ujung jari ke tepung. 

Dengan menggunakan ujung garpu buat tusukan-tusukan kecil di adonan, fungsinya agar adonan tidak menggembung saat dipanggang. Tusukkan garpu perlahan saja jangan sampai menembus adonan dan menyentuh dasar loyang. Letakkan loyang diatas loyang lain yang lebih besar, bisa menggunakan loyang tipis untuk memanggang kue kering. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 5 menit.

Kurangi suhu oven menjadi 180'C dan panggang kulit tart selama 15 menit atau hingga kulit menjadi kering dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin.  Setelah dingin hancurkan menjadi butiran butiran. Sisihkan. 

Kemudian sekarang saatnya membuat adonan cheesecream yang nyamnyam.. Ini resep aku dapet dari baca buku resep blubery cheese cake, yang nulis lupa, maap yaa, tapi dari resep asli masih aku sesuain lagi sama selera aku ;)

Bahan adonan creamcheese:
- 250 gram creamcheese (aku pakai merk Elle&Vire)
- 100 gram susu kental manis
- 100 gram gula halus
- 1 sdt ekstrak lemon

Cara membuat adonan creamcheese:
Tuang creamcheese ke mangkuk mixer, kocok sampai lembut. Lalu masukkan susu kental manis, dan gula halus, kocok sampai tercampur rata dan lebih lembut. Terakhir masukkan ekstrak lemon aduk rata.

Sudah jadi deh adonan creamcheese nya yang yummmy. Gampang banget kan ;)
Tinggal siapin selai bluberry nya, dan mari menyusun..

Ambil wadah jar nya, isian pertama ambil kulit pie yang sudah diremukkin tadi, masukkan sepertiga bagian wadah. 

Lalu biar mudah dan gak belepotan, masukkan adonan creamcheese ke kantong plastik segitiga, kalo lagi gak ada stok kantong segitiga ya plastik biasa juga gak papa, ini biar gak belepotan aja waktu masukkin adonan creamcheesenya ke wadah. Masukkan sampai dua pertiga bagian wadah. 

Terakhir masukan selai bluberry nya juga pakai kantong segitiga biar memudahkan.

Dan, jadilah Bluberry CheeseCream Pie in Jar ;)




Selamat mencoba! ;)


Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment