Pancake Mantap Saus Madu

       Penasaran banget sama yang namanya pancake. Kalau pas lagi jalan jalan ke mal dan ngelewatin warungnya Pancious Pancake, pengen banget mampir dan nyobain rasanya, soalnya temen temen di path udah banyak yang upload foto pancake disitu, ada yang topping saus keju, saus madu, cokelat, stroberry, duh pokoknya mulut ini dah pengen memakannya aja. 

       Tapi tiba giliran lewat didepan warungnya, rasanya kok sayang buat ngeluarin isi dompet si papa yang pastinya gak cuma selembar si warna biru tua itu. Bukan apa-apa tapi lagi lagi inget kata mama mertua, 'gak usah jajan, siapin bahan bahannya aja, duitnya ditabung aja, kalau disitu beli cuma dapet satu piring, kalo beli bahannnya bisa dimakan orang satu rumah.' hehehe, mamaku ini memang menerapkan hidup sederhana, ada uang lebih ya ditabung saja untuk masa depan, patut dicontoh kan? ;)

     Karenanya suka gak rela jajan kalau gak kepepet, apalagi didukung si papa yang memang gak terlalu suka jajan... Berbekal keinginan makan pancake, sampai di rumah langsung deh cari cari resep yang enak buat pancake, dan harus yang enak, karena dulu sempet buat dan beli bahan yang sudah ready mix, jadi tinggal tambah telor langsung goreng, dan rasanya sepertinya kurang mantap. 



Dan saya akhirnya menemukan resep yang pas buat pancake idaman. Kebetulan pagi ini sungguh kelaparan, si papa sudah ngantor dan si bocil belum bangun, saatnya berkutat di dapur untuk membuat si empuk menggoda selera. Gak pake lama dan gak makan banyak wadah, dijamin.. hehehee
Ini resep dari mbak Endang di JTT yang rasanya pas dilidah saya, dengan make over sedikit biar lebih pas lagi di selera saya..

Pancake Mantap
Bahannya:
- 100 gr terigu (saya pakai segitiga biru)
- 1 1//4 sdt baking powder
- 2 sdm gula pasir
- 1 butir telur ukuran sedang sampai besar, kocok lepas
- 140 ml susu cair (saya pakai 3 sdm susu bubuk full cream dicampur dengan 130 ml air)
- 2 sdt white vinegar (saya pakai air jeruk nipis)
- 2 sdm mentega, cairkan


Cara membuatnya:
Campur susu dan air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 5', agar didapatkan rasa yang sedikit asam untuk menghilangkan aroma susu sapi dan amis di telor nantinya. Sisihkan.

Di mangkok terpisah campur tepung terigu, baking powder, dan gula, sisihkan sebentar.


 Siapkan mentega cair yang sudah didinginkan.



 Siapkan mangkok, kocok lepas telur, masukkan mentega cair yang sudah dingin, jangan yang masih panas ya, nanti telurnya bisa matang dan adonan jadi tidak bagus. Kemudian masukkan campuran susu dan air jeruk nipis tadi.


 Tambahkan campuran terigu tadi, aduk rata. Aduk pelan pelan saja ya, jangan terlalu keras, biarkan terigu masih bergumpal gumpal karena katanya memang seperti itulah adonan pancake yang sebenarnya.


 Kemudian panaskan wajan atau teflon anti lengket, beri sedikit mentega agar adonan tidak menempel terlalu lama di teflon. Tuang adonan menggunakan sendok sayur ke teflon yang panas. Anda boleh membaliknya apabila yang bawah sudah berwarna kecoklatan.


Dan susun lah menjadi beberapa tumpuk lalu siram di atasnya syrup madu. Kata si mama mertua, rasanya enak banget, gak seperti yang di hotel bintang lima itu gak enak dan rasanya aneh..
Hehehe, makasih maa atas pujiannya.. ;)



Selamat mencoba dan selamat sarapan!! ^_^


Sources:
Blog Mbak Endang - justtryandtaste
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Mohon ijin berpromosi. service Ac segala jenis merk. kami service Ac mencakup wilayah coverage seluruh Surabaya, Gresik, Sidoarjo. kami juga menerima jasa service perbaikan AC bongkar dan pasang AC. pekerjaan kami cepat, tepat, profesional, harga kompetitif di banding harga jasa luaran.
    service ac split sidoarjo
    tukang service ac sidoarjo
    service ac surabaya sidoarjo
    service ac surabaya selatan
    service ac surabaya timur
    service ac surabaya barat
    service ac surabaya utara
    service ac kota surabaya

    Segera hubungi kami, dan kami akan datang kerumah Anda 24 Jam Non Stop.
    (Hari Sabtu / Minggu / Hari Libur buka)
    PIN BBM : 54BE0B4B / 5474CD93 / TELP : 085645475574

    ReplyDelete