Sirloin Steak With Blackpepper Sauce, it's homemade!!


Minggu lalu saya, papa El, dan si bocil El jalan jalan ke Gading Serpong, ceritanya mau belanja kebutuhan bulanan. Di tengah jalan si bocil El mendadak minta ke toilet, kami berdua kalang kabut karena memang apabila si bocil sudah kasih tau mamanya bahwa dia akan mengeluarkan sesuatu isi perutnya maka itu harus segera dilaksanakan. Maklum saja, si bocil baru berusia dua tahun dimana syaraf untuk menahan keinginan belum sempurna, nanti kalau tidak segera dituruti dia akan mengompol atau bertelur di jalan,, hehehe..





Si papa langsung memutar otak mencari tempat toilet berada, jarak terdekat adalah Summarecon Mal Serpong. Sesampainya saya langsung ajak lari si bocil ke toilet, tapi dia geleng gelengkan kepalanya. Panggil mama sambil geleng geleng, "lho gak jadi?", tanya saya, dan dia geleng geleng kepala, hahaha. Sudah kalang kabut rasanya, eh gak jadi. Ya sudahlah tidak apa apa tapi apa yang akan kita lakukan disini? kata si papa. Karena bosan dengan menu yang ada di mal itu kami lalu berjalan keluar dari mal dan menyusuri pinggiran jalan.



Sudah lama saya ingin menyantap sepiring steak dan si papa pun mengerti dengan sangat keinginan istrinya. Akhirnya si papa memarkirkan mobilnya di halaman parkir salah satu kedai steak disana, Abuba. Cihuii, let's dinner! ;)
Kami memesan dua piring steak, dan si bocil hanya memakan potato wedgesnya karena dia belum bisa mengunyah daging steak yang cukup liat.

Dagingnya cukup empuk, dan saus nya enak. Tapi sayangnya sausnya terlalu sedikit, tidak cukup untuk saya yang doyan makan saus yang gurih. Kemudian saya berpikir kenapa saya tidak coba membuat sendiri di rumah, selain bisa membuat banyak saus, daging yang lebih empuk, makan sepuasnya tentu harga yang juga lebih irit, ini penting kan?
Pulang dari sana saya membawa banyak pikiran, sampai di rumah saya harus mencari resep steak yang mantap.


Saya harus mencari tau dulu, bahan apa yang bisa mengempukkan daging? Saya bertanya kepada mama mertua yang adalah chef hebat dengan pengalaman luar biasa, dan katanya adalah nanas. Beliau dahulu pernah berencana membuat sate ketika natal untuk hantaran sanak saudara yang berkunjung. Ceritanya sate itu akan dibakar besok pagi, dan malamnya dia melumuri daging sate dengan nanas agar empuk dan didiamkan semalaman. Apa hasilnya? daging sudah menjadi bubur.. Ternyata bukan hanya nasi yang bisa menjadi bubur ya? ;)
Itulah mengapa saya langsung mencari nanas untuk mengempukkan daging, berbekal dari pengalaman chef hebat ini saya tidak akan merendamnya lama lama, cukup setengah sampai satu jam saja.
Dan bumbu apa yang dipakai untuk melumuri daging? serta saucenya? langsung disimak ya..

Sirloin Steak with Blackpepper Sauce

Resep diadaptasi dari Justtryandtaste dan modifikasi sendiri

Bahan:
- 2 potong daging sapi, sirloin steak, banyak dijual di supermarket.
- 1 buah wortel, potong dadu.
- brokoli secukupnya.
- 1/2 bawang bombay.

Bahan perendam daging:
- 1/4 buah nanas, haluskan. Bisa di blender.
- 1 sdt merica hitam tumbuk kasar.
- 1 buah bawang putih, haluskan.
- 1 sdt kecap asin.
- 1 sdt kecap inggris,
- 1 sdt minyak sayur.
- 1 sdt kecap manis.

Bahan saus:
- 1 sdm margarine untuk menumis.
- 1 buah bawang putih, cincang halus.
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus.
- 1 sdm kecap manis.
- 1 sdm saus tiram.
- 150 sampai 200 ml air ditambah kaldu bubuk atau kaldu blok.
- 2 sdm bumbu sisa merendam daging.
- 1 sdt gula pasir.
- 1 sdt merica hitam tumbuk kasar.
- 1 sdt maizena atau tepung tapioka dicairkan dulu dengan sedikit air, untuk mengentalkan.

Bahan pelengkap:
- tumis sayuran, terdiri dari wortel, brokoli, dan bawang bombay, tumis dengan bawang putih.
- kentang goreng.

Cara membuat dagingnya:


Lumuri daging dengan nanas, simpan dalam kulkas dan diamkan sekitar setengah jam. Jangan terlalu lama merendam daging dalam nanas hati hati bisa menjadi bubur. Lihat penampakan daging yang sudah di rendam nanas, kelihatan bukan tekstur daging yang sudah berubah, ikatan daging sudah mengendor. 
Lalu cuci bersih daging dan masukkan ke bumbu perendam. Tusuk tusuk dengan ujung garpu atau ujung pisau agar bumbu meresap. Diamkan selama sekitar 1 jam dan masukkan ke dalam kulkas. Atau anda bisa menyimpannya di freezer untuk jangka waktu yang lebih lama.


Sambil menunggu daging agar bumbu meresap, siapkan bahan untuk membuat tumis sayurannya. Tumis bawang putih, dan masukkan wortel tambah air sedikit agar wortel empuk. Setelah itu masukkan brokoli dan bawang bombay, beri garam dan gula pasir secukupnya sesuai selera.

Setelah satu jam, keluarkan rendaman daging dari dalam kulkas. Siapkan wajan datar anti lengket.
Panaskan wajan, dan panggang dagingnya sampai berubah warna. Tidak usah terlalu lama memanggang, karena daging cepat matang. Itu karena jasa dari nanas tadi..;)

Cara membuat sausnya:


Siapkan wajan kecil, tumis bawang cincang dan bawang bombay sampai harum, masukkan semua bahan sausnya. Sesuaikan rasa manis dan asinnya, tambahkan garam dan gula. Terakhir masukkan tepung sagu yang sudah dicairkan terlebih dahulu.  Apabila kekentalannya sudah sesuai aduk rata dan angkat.

Setelah siap semua sajikan daging dengan tumis sayuran, kentang goreng, dan tentu saja sausnya. Mau disiramkan diatas daging atau disajikan terpisah, silakan saja...;)


Mengobati rasa lapar di sore hati itu sesuatu sekali.. Nikmat, dan tentunya tidak menguras kantong.. ^^v


Source:
Diadaptasi dari blog mbak endang-justtryandtaste


Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment