Donat Kentang Keju Bertabur Salju


Hujan kemarin sore yang sangat deras menyisakan halaman rumah yang basah dan segar. Sudah lama rasanya tak pernah ada hujan yang datang untuk membasahi halaman saya. Setelah hujan reda saya keluar untuk menghirup udara yang sejuk sekali. Cuaca sangat tepat untuk bersantai dan pergi tidur. Tapi sayangnya tak ada rasa kantuk yang datang, hanya si bocil yang tertidur pulas di kamarnya. Sambil menanti si bocil bangun, saya iseng-iseng berkunjung ke rumah mama mertua yang kebetulan jaraknya memang sangat dekat sekali. Istilahnya tinggal loncat sudah sampai. Ya memang, karena rumah kami kebetulan bersebelahan. ^_^




Ketika saya datang, mama sedang merebus kentang. Mau masak apa ma?, tanya saya. Lalu si mama menjawab, mau buat donat. Hmmm, kedengarannya asik juga, cuaca dingin seperti ini ditambah perut kosong sambil menyantap donat ditemani secangkir teh hangat sepertinya mantap. Dan saya tak beranjak dari dapur si mama untuk selalu mengamati, memperhatikan dan sedikit membantunya membuat donat. Sudah sering mama membuat donat untuk bekal sekolah para cucunya. Donat buatan mama tahan empuknya sampai 3 hari walaupun tanpa tambahan obat makanan apapun. 




Biasanya mama memberikan topping donat berupa olesan metega yang ditaburi coklat meses ataupun keju kesukaan para cucunya. Kali ini mama membuat donat yang lebih special dari biasanya. Keju yang biasanya dibuatnya menjadi topping, dicampurnya menjadi satu didalam adonan. Sehingga rasa keju begitu terasa di gigitan pertama walaupun tanpa topping apapun. Dan kata mama kentang membuat donat menjadi lebih empuk dibanding tidak menambahkannya.

Beliau menyiapkan kentang rebus kemudian menumbuknya menjadi halus, tentunya dengan mengulitinya dahulu. Anda bisa menghaluskan kentang menggunakan cobek, ataupun cooper. Mencampurkannya menjadi satu dengan terigu dan kawan kawannya, dan menambahkan sedikit air kira-kira 50ml atau sekitar setengah gelas supaya adonan mudah dibentuk. Lalu adonan diuleni sampai kalis, atau dengan kata lain tak ada adonan yang menempel di tangan dan di wadah. Sejak saya tahu resep mama ini, saya tak pernah lagi membanting banting adonan donat. Karena dengan tidak mengeluarkan tenaga pun hasilnya sudah sempurna. 

Apakah anda juga penasaran dengan resepnya? Kita langsung lihat yuk.

Donat Kentang Keju

resep asli mama mertua

Bahan-bahan:

- 1/2 kg tepung terigu
- 1/2 sachet gizt
- 3 butir telor
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok makan mentega
- 4 buah kentang ukuran sedang
- 150 gram keju parut
- minyak untuk menggoreng

Bahan pelengkap:

gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat:

1. Campur terigu dan gizt, aduk rata.

2. Di wadah terpisah, kocok lepas telur bersama gula pasir. Kemudian masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk- aduk menggunakan tangan.

3. Masukkan kentang, uleni. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai didapatkan adonan yang kalis (tidak menempel).

4. Diamkan adonan dan tutup wadah menggunakan lap basah, kurang lebih 30 menit sampai adonan mengembang,

5. Masukkan keju, garam, dan mentega, uleni lagi sampai tercampur baik. Keju dan mentega ini dimasukkan terakhir karena mengandung garam sehingga dicampur ke adonan donat setelah adonan mengembang lebih dulu. Karena gizt tidak mau bekerja sama dengan garam. Sehingga apabila keju dan mentega dicampur sekalian di awal mengadon, adonan akan susah mengembang dengan sempurna.

6. Kemudian bagi adonan menjadi bulatan kecil seukuran donat.

7. Panaskan minyak, ambil 1 bulatan dan bentuk lubang di tengah, kemudian goreng sampai donat berwarna kecoklatan. Lakukan sampai adonan habis.

8. Tata di piring saji, taburi dengan gula halus.


Kini anda tak perlu lagi membeli di stand donat kentang bukan? Anda bisa membuatnya sendiri dengan jaminan kebersihan, kelezatan dan kantong. Pokoknya dijamin deh. ^_^

Apalagi anak-anak  anda pasti senang sekali diajak ikut serta melubangi adonan atau membentuknya sesuka hati mereka juga menaburkan gula-gula, coklat meses, ataupun keju diatasnya. Mereka bebas berkreasi..
Berani untuk mencobanya? ^_^

Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment