Lumpia isi Ragout Udang, Jamur, dan Wortel - Senangnya Kalau Si Kecil pun Doyan ^_^


Sengaja ketika pergi ke supermarket untuk belanja bulanan weekend kemarin bersama si bocil dan si papa, saya mengambil kulit lumpia dari deretan makanan beku. Kapan-kapan saya ingin membuat lumpia ah - pikir saya. Beberapa hari berlalu dan saya selalu memikirkan apa yang cocok sebagai isiannya. Mau membuat 'lumpia semarang'dengan isi rebung? Tapi disini susah mendapatkan rebung bambu, saya belum pernah melihatnya ada yang berjualan meskipun di pasar serpong, pasar tradisional yang lumayan besar sekalipun. Mau isi sayuran? Kok rasanya bosan karena mama mertua yang disebelah rumah sering membuat 'tahu isi' dengan isi sayuran. Terus?




Tak tau dapat ilham dari mana, tiba-tiba terlintas di kepala saya akan isi ragout yang lembut dan nikmat. Memang biasanya ragout adalah isian dari risoles, dengan kulit dadar tepung yang dicelup putih telur dan dibalut tepung panir. Hmm, sepertinya sah-sah saja dan tetap enak kalau saya menggantinya dengan kulit lumpia yang renyah, krenyes bunyinya. Dicocol sambal botol, atau sambil gigit cabai rawit yang rasa pedasnya selangit. 




Lumpia yang asal muasalnya adalah makanan tradisional Tionghoa ini terkadang dieja dengan nama Lun pia. Lumpia ini sebenarnya adalah sebutan untuk kulit pembungkusnya saja. Isiannya bisa bermacam-macam misal rebung, telur, sayuran segar, daging ayam, daging sapi, dapat juga makanan laut, yang kemudian dibungkus oleh lumpia lalu digoreng sehingga kulitnya terasa renyah ketika digigit. Dan ini yang membuat si bocil saya menyukai makanan lumpia ini, "upuk", seperti kerupuk katanya. ^_^
Isiannya memberikan dia gizi yang tinggi dan lengkap karena terdiri dari udang, jamur, wortel, juga susu.

Dan sore-sore ketika dia bangun tidur siang adalah waktu yang tepat untuk ngemil si lumpia ragout udang ini. Keluarkan dari kulkas dan goreng deh.
Anda juga bisa menyimpan sisa lumpia yang belum digoreng di kulkas atau di freezer untuk penyimpanan lebih lama sebagai persediaan.

Langsuk kita cek resepnya yuk!

Lumpia isi ragout udang, jamur dan wortel

resep dimodifikasi dari Sajiansedap - Risoles ragout udang

Bahan-bahan:

- 150 gram udang kupas
- 100 gram jamur kancing
- 1/2 buah bawang bombay
- 2 buah bawang putih besar
- 1 buah wortel
- 2 sendok makan terigu
- 150 ml susu cair
- 1/2 sendok teh garam
- seujung sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 150 ml cooking cream
- 1 sendok minyak untuk menumis

Cara membuat:

Cuci bersih udang dan kupas kulitnya kemudian cincang kasar. Begitu juga dengan jamur. Sedangkan wortel potong dadu kecil-kecil. Cincang halus bawang bombay dan bawang putih. Sisihkan.





Panaskan wajan, tuang minyak. Kita akan menumis. Masukkan bawng putih dan bawang bombay. Masak sampai harum dan layu. Kemudian tambahkan wortel, masak sampai wortel matang dan empuk.

Lalu masukkan udang cincang, masak sampai udang berubah warna. 


Tambahkan terigu, aduk sampai bergumpal, kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah tercampur rata masukkan jamur yang sudah dicincang kasar tadi. Tuang cooking cream nya sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata seperti membentuk adonan kental. Matikan api jika adonan terasa sudah tidak lengket di wajan.


Kemudian siapkan lembaran kulit lumpia. Kulit lumpia ini saya beli yang instan tinggal pakai saja. Sebenarnya anda juga bisa membuatnya sendiri, dari campuran tepung terigu, telur, dan air yang di dadar diatas pan datar anti lengket. Tapi karena waktu membuatnya pasti memakan waktu lama jadi saya ambil jalan pintas saja dan menggunakan yang instan yang banyak dijual dipasaran.


Siapkan satu lembar kulit, lalu ambil kira-kira satu sendok adonan ragout letakkan di atas lembaran kulit di salah satu pojok. Kemudian tutup dari ujung bawah, lipat kanan dan kirinya, lalu gulung sampai ujung terakhir. Untuk merekatkannya olesi ujungnya dengan putih telur. Lakukan sampai adonan habis.



Kalau mau menikmati lumpia ragout ini tinggal goreng di minyak panas sampai kecoklatan. Kalau mau disimpan untuk dinikmati keesokan hari tinggal disimpan di kulkas dalam wadah tertutup. Mudah kan? ^_^



Source:
 Sajiansedap - Risoles ragout udang





Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. hum.. yummi. mau nih di tunggu pesanannya yak,hehe http://www.liburangunungkidul.com/

    ReplyDelete