Pis Cok - si Pisang Coklat Teman Ngemil



Belum habis juga sisa spring roll waktu lalu ketika saya membuat Lumpia isi ragout udang jamur dan wortel dan Martabak mini tahu telur plus daging cincang. Ya karena saya menyimpannya di freezer untuk penyimpanan waktu lama. Sehingga spring roll ini tidak akan rusak. Dan jika akan dipergunakan, anda bisa mengeluarkannya dari freezer dan didiamkan sebentar sampai si kulit lembek kembali. 


Bukan suatu kebetulan saya selalu menyetok buah pisang. Dua buah pisang raja atau pisang uli yang sudah matang bisa dihabiskan sekaligus oleh si bocil. Saya dan bocil memang penggemar buah pisang. Kandungan mineral dan vitaminnya tinggi terutama vitamin A betakaroten yang bagus untuk mata dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mendukung ketersediaan energi bagi otak dan melancarkan aktivitas otak. Dan buah pisang tumbuh subur di tanah air kita. Sehingga tak perlu khawatir kita akan kehabisan si buah kaya vitamin ini kan? 


Salah satu daerah penghasil buah pisang terbesar adalah Lampung. Dan bersyukurnya saya, Oma dan Opa si bocil sudah menjadi penghuni Lampung sejak jaman masih muda dulu. Sehingga ketika mereka datang berkunjung, 10 tandan buah pisang tua hasil kebun dibawanya serta katanya untuk persediaan karena di Jakarta ini harganya cukup mahal. Para tetanggapun akhirnya kebagian si pisang lampung ini untuk ikut mencicipi buah pisang asli Lampung yang murah sekaligus enak dan kaya gizi. Walaupun sebenarnya untuk mengangkut tandan pisang itu juga memerlukan ongkos yang tak sedikit jumlahnya kan? Tapi it's ok lah, demi pisang Lampung.. ^_^


Kembali ke spring roll. Sudah 2 resep makanan yang saya buat menggunakan spring roll ini bercita rasa asin, bahkan bisa untuk lauk makan. Kali ini saya ingin membuat yang manis-manis boleh dong? Ya, saya akan membuat cemilan seperti di abang-abang penjual gorengan, pisang coklat yang dibalut kulit spring roll. Kali ini dijamin lebih bersih dan sehat dengan minyak baru yang jernih bukan yang sudah hitam karena sudah berulang kali dipanaskan. ^_^

Cara membuatnya juga dijamin gampang, mari kita lihat..

Pis Cok - si Pisang Coklat

resep modifikasi sendiri

untuk 20 buah

Bahan:

- 5 buah pisang tua dan matang
- 20 lembar kulit spring roll
- coklat meses secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

 Bersihkan pisang, bagi menjadi 4 memanjang.


Ambil satu lembar kulit spring roll, taburi dengan coklat meses sampai menutupi bagian atas pisang. Banyak sedikitnya meses lakukan sesuai selera anda ya.

Gulung dari bawah ke atas sampai habis.

Lanjutkan sampai pisang dan kulit habis.


Kemudian siapkan minyak panas. Dan goreng sampai berwarna kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.



Jika anda belum ingin menggorengnya semua dan ingin menyimpannya sebagian untuk bisa disantap panas-panas, anda bisa menyimpannya disebuah wadah tertutup seperti tupperware kemudian simpan dalam freezer. Dan jika akan digoreng keluarkan sebentar sampai suhu ruang baru digoreng dalam minyak panas.


Setiap saat anda menginginkannya, langsung tersedia. Tak perlu lagi keluar rumah untuk mencari si abang-abang penjual gorengan. Kalau membuat sendiri lebih sehat dan bersih, kenapa masih harus keluar mencari si abang-abang? ^_^


Source:

Wikipedia - http://id.wikipedia.org/wiki/Pisang



Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment