Membuat Bakso Ikan dan Rasanya Seperti Pempek ^_^ - Homemade Fish Ball

Karena blender kemarin sudah tak lagi mau membantu saya di dapur, akhirnya saya request ke papa untuk mendapatkan blender baru. Dan beberapa hari yang lalu si blender idaman datang diantar oleh seorang kurir dari jasa pengiriman. Yes, akhirnya hand blender philips saya sudah sampai dan siap digunakan. Saya memilih hand blender dibanding blender biasa karena sepertinya sedang nge-trend. Hehehe. Tapi setelah saya review penggunaannya juga ternyata lebih mudah bin gampang untuk disesuaikan dengan segala kondisi. Bentuknya yang slim tidak memakan tempat dan sangat mudah untuk dicuci dibersihkan. Berbeda seperti blender biasa dengan gelas tabung yang besar, yang cocoknya hanya digunakan untuk membuat jus buah saja. Kebetulan saya juga jarang membuat jus, si bocil lebih suka memakan buahnya langsung dibanding meminum jus. Dan saya cukup puas dengan hand blender ini, satu paket sudah terdiri dari pengocok telur, copper, dan si pisau blender. Senang sekali rasanya saya mendapatkan teman baru yang komplit.

Daging ikan tengiri yang saya pilih untuk membuat bakso ikan ini. Sehingga hasil akhir rasanya apabila menambahkan cuka menyerupai pempek makanan khas Palembang. Karenanya bisa disesuaikan dengan mood anda, mau jadi bakso ataupun pempek enak dan mantap semuanya. ^_^
Sebenarnya anda juga bisa menggunakan jenis ikan yang lain, pilih saja ikan dengan daging bertekstur lembut misalkan ikan ekor kuning. Sebenarnya sudah lama juga saya ingin membuat bakso ikan tengiri, namun peralatan penghalus daging ala kadarnya kemarin yang "tewas" sekali lagi membuat saya untuk mengurungkan niat membuat adonan bakso ini. Daging tengiri sudah saya persiapkan hampir 4 minggu yang lalu ketika ke pasar. Dan kemarin saya baru berhasil untuk mengolahnya. Keren kan? ^_^



Dagingnya dihaluskan menggunakan copper, sampai benar-benar halus. Baru kemudian masukkan bahan lainnya, dan nyalakan copper kembali sampai adonan ikan itu tercampur rata. Ya, membuat bakso ikan ini memang sedikit merepotkan ketika tangan anda menjadi berbau amis dan meja dapur anda kotor dimana tepung yang berserakan karena dalam usaha membuat tekstur bakso menjadi spongy dan lezat. Perlu sedikit usaha dan tenaga memang ketika membanting adonan supaya membuatnya kenyal. Dan kerja keras anda terbayar ketika menikmati si bakso ikan ini yang super duper yummy sekaligus sehat. Karena tak ada tambahan bahan kimia apapun seperti yang dijual di pasaran pada umumnya. Ternyata memang benar ya kalau sehat itu mahal.. ^_^

Bakso ikan ini bisa menjadi referensi keluarga anda untuk mencampurnya dengan sup, capcay, atau sayur apapun itu. Saya khusus membuatnya untuk campuran sayur si bocil. Simpan di freezer saja, mudah kan? Si bocil juga suka sekali makan dengan bakso. Kalau dikasih tau sekali saja, 'makan sama bakso ya?' dia langsung mengangguk dan bilang 'mau'. Untuk menu makanan si bocil memang saya sedikit merepotkan diri. Hampir sebagian besar homemade agar sehat dan bebas bahan kimia. 

Penasaran dengan si bakso ikan ini? mari kita langsung terjun ke dapur ya?

Bakso Ikan

resep diadaptasi dari greegwee.com-resep bakso ikan

Bahan-bahan:

- 300-400 gram daging ikan tengiri
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 butir putih telur
- 3 sendok air es / 2 es balok uk 3 x 3 cm
- 500 ml air es, untuk merendam bakso
- 2 sendok makan tepung maizena

Cara membuat:

Siapkan daging ikan tengiri. Kerok daging menggunakan sendok, pisahkan dari durinya. Daging ikan tengiri ini lembut sehingga anda mudah untuk mengeroknya.


Masukkan ke copper, nyalakan copper dan proses daging ikan sampai halus. Jika anda tak punya copper, anda bisa mencincang dagingnya menggunakan pisau.

Setelah daging halus, masukkan telur dan es balok, proses kembali hingga tercampur rata. Kemudian masukkan garam, merica dan kaldu bubuk. Proses kembali hingga adonan membentuk gumpalan. Matikan sebentar bersihkan dinding gelas copper, dan cicipi adonan ikan ini, jika sudah pas, nyalakan kembali dan proses selama beberapa detik sampai benar-benar rata. 


Keluarkan adonan ikan, letakkan di talenan atau piring, taburi dengan tepung maizena, dan uleni hingga rata.
Sekarang mari kita membuat teksturnya agar kenyal seperti bakso ikan pada umumnya. ^_^
Basahi dahulu tangan anda dengan air es. Ambil adonan dan bantingkan ke permukaan talenan atau piring yang sudah ditaburi dengan tepung. Lakukan bantingan ini kurang lebih 10 kali sampai adonan terasa halus dan kenyal ketika disentuh. Basahi tangan anda dengan air es agar adonan tidak menempel di tangan.

Apabila proses ini sudah selesai, ambil segenggam adonan dan keluarkan lewat sela sela jari telunjuk dan ibu jari sehingga membentuk bulatan, sama caranya seperti membuat bakso sapi. Ambil menggunakan sendok dan masukkan dalam mangkuk air es. Lakukan sampai adonan ikan habis.
Diamkan dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. 

Siapkan panci dan didihkan air, masukkan bakso ikan ini ke air mendidih. Tunggu sampai bakso mengapung yang tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Bakso ikan homemade siap diolah menjadi campuran di berbagai menu, mi goreng, sup, capcay, dan lainnya sesuka hati anda yang pasti menambah kelezatan di setiap masakan. Atau anda bisa masukkan ke freezer untuk stok penyimpanan lebih lama. Bisa juga menikmatinya dengan menambahkan cuka pempek, sehingga rasanya seperti makan pempek khas Palembang.

Selamat mencoba.. ^_^















Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment