Avocado Pound Cake




Rasanya sudah lama sekali saya tidak update berita di halaman ini. Tentu para penikmat blog ini juga sudah lelah menunggu upload foto terbaru saya yang masih amatiran itu yaa. Selain kemalasan yang melanda, sejak beberapa minggu terakhir ini saya disibukkan dengan pesanan sate dan cake yang menumpuk. Puji dan syukur tentunya tak ketinggalan karena dagangan laris, tapi berimbas pada tulisan saya yang tak kunjung kelar ini. Koleksi foto sudah antri untuk diposting tapi apa daya badan lelah dan lunglai juga pikiran yang belum tenteram membuat saya sedikit bingung untuk menulis. Dan sekarang ketika semua event sudah rampung, saya menata kembali pikiran yang jernih sehingga bisa posting tulisan dan resep lagi.


Dan kali ini saya masih berkutat di cake. Sebenarnya cake alpukat ini sudah lama dibuat. Berawal dari mama dan papa mertua yang berlibur ke Lampung pada liburan natal kemarin. Mereka memanen buah alpukat di halaman yang tinggal sedikit dan masih muda karena yang tua sudah keburu dipanen oleh para tetangganya. Alhasil, sesampai di Jakarta buah-buah alpukat ini di peram di dalam kardus dengan waktu yang cukup lama bahkan beberapa kulit buahnya sudah keriput tetapi daging dalamnya belum matang.


Namun beruntung saya mendapatkan beberapa buah alpukat yang agak tua sehingga bisa matang sempurna. Kali ini beberapa buah alpukat yang sudah matang habis disulap menjadi sebuah cake yang cukup lezat. Bagi saya cake alpukat tidak menjadi kesukaan saya karena citarasa cake menjadi sedikit pahit tapi walaupun begitu papa El gemar sekali menyantapnya. Enak sekali, citarasa pahit ini adalah keunikannya, katanya.

Avocado Pound Cake

untuk loyang loaf

resep by me

Bahan-bahan:

- 200 gram gula pasir
- 200 gram mentega
- 3 butir telur, kocok lepas bagi menjadi 2 bagian
- 250 gram tepung terigu
- 1/4 sendok teh garam
- 1,5 sendok teh baking powder doubel acting, pastikan fresh
- 200 gram daging buah alpukat, hancurkan menggunakan garpu

Cara membuat:

Siapkan oven set pada suhu 170'C

Siapkan loyang, oles dengan mentega dan taburi dengan tepung, atau anda juga bisa menggunakan kertas baking sebagai alas loyang. Sisihkan


Siapkan mangkuk campur semua bahan kering, gula pasir, terigu, baking powder dan garam. Kocok selama kurang lebih 30 menit dengan speed rendah hanya agar tercampur rata. Atau anda juga bisa mengaduknya menggunakan spatula. Kemudian masukkan mentega dan setengah bagian telur, kocok tetap menggunakan speed rendah sampai adonan basah, dan tahap ini juga untuk membangun struktur cake, membuat udara masuk kedalam adonan agar cake mengembang.

Lalu tambahkan sisa bagian telur dan bagi menjadi 2 tahap. Masing-masing kocok selama 30 detik agar tercampur rata.

Setelah itu masukkan lumatan buah alpukat, kocok rata menggunakan spatula, atau menggunakan mixer speed rendah.


Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaan adonan menggunakan spatula. Panggang dalam oven selama kurang lebih 50 menit atau tergantung masing-masing oven yang anda pakai ya.


Lakukan tes tusuk lidi untuk mengetes kematangan cake.

Jika cake telah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Setelah dingin potong potong cake dan siap disajikan. ^_^









Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment