Banana Pound Cake - Yang Lezat bin Enak ^_^


Ketika saya hendak berbelanja ke mobil simbak tukang sayur kemarin, saya melihat buah pisang sunpride yang cantik-cantik rupanya. Kulitnya mulus semulus kulit bayi - mulai lebay. Dan langsung masuk ke keranjang belanja saya. 


Kalau si bocil tidak terlalu doyan makan pisang sunpride, kegemarannya adalah pisang muli yang matang yang sekali makan bisa menghabiskan 3 buah pisang imut tapi manis itu. Karenanya saya berencana akan mengolah pisang sunpride ini menjadi sebuah cake pisang yang super duper lezat. Sebuah resep cake pisang dari negeri Eropa ini sudah saya dapatkan, tinggal menunggu 2 sampai 3 hari agar pisang benar-benar telah matang sempurna. Karena pisang yang matang dan kulitnya sudah berwarna bintik bintik coklat rasanya juga sudah benar-benar manis.


Pound cake seperti ini adalah cake yang paling saya minati. Teksturnya agak kasar tapi rasanya lembut mentega. Yummy.. Abaikan dulu deh lemaknya, karena sangat cocok untuk program penambahan berat badan saya. ^_^.

Pound cake yang original sebenarnya terdiri dari takaran masing masing 1 pound beratnya antara mentega, gula, telur, dan tepung. Karena dahulu sebagian besar orang belum bisa membaca, takaran sederhana seperti ini membuatnya sangat mudah untuk mengingatnya.


Banana Pound Cake

resep diadaptasi dari Joy of Baking

untuk loyang tulban diameter 18cm

Bahan-bahan:

- 3 butir telur
- 150 gram tepung terigu
- 1/4 sendok teh garam
- 3 sendok makan susu cair, anda bisa menggunakan 1 sendok susu bubuk campur dengan 2 sendok air
- 1 sendok teh baking powder
- 150 gram gula pasir
- 185 gram mentega / butter
- 200 gram pisang matang, lumatkan dengan menggunakan punggung garpu

Cara membuat:

Siapkan oven set di suhu 177'C, siapkan loyang dan olesi menggunakan mentega dan taburi dengan tepung, atau anda juga bisa mengalasi loyang dengan kertas baking.

Siapkan mangkuk, dan campur semua bahan basah, telur dan susu, aduk, sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, campur semua bahan kering aduk rata, atau anda bisa menggunakan mixer menggunakan speed rendah selama kurang lebih 30 detik sampai semua bahan bercampur rata.

Kemudian tambahkan mentega dan setengah campuran telur tadi, dan kocok menggunakan speed rendah agar adonan tepung menjadi basah. Lalu naikkan ke speed sedang dan kocok selama kurang lebih 1 menit untuk memasukkan udara ke dalam adonan.

Masukkan sisa adonan telur dan bagi dalam 2 tahap. Dan kocok selama kurang lebih 30 detik pada setiap tahapnya. Lalu matikan mixer apabila telah selesai. Tambahkan lumatan buah pisang, aduk rata menggunakan spatula. Anda jug abisa menggunakan mixer dengan speed rendah sebentar saja hanya agar pisang tercampur rata.

Tuang ke loyang dan panggang selama kurang lebih 45 menit atau tergantung dari oven anda masing-masing ya. Panggang sampai matang dan cake berwarna kecoklatan. Lakukan tes tusuk lidi. Apabila tidak ada adonan yang menempel ketika lidi ditusukkan ke cake, maka cake telah matang.

Keluarkan dari oven, dan dinginkan. Setelah dingin, potong-potong cake dan siap dihidangkan.

Lezatt bin enak.... ^_^


Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment