Cookies Giant KokoCrunch - Buruk Rupa Tapi Enak Renyah bin Ludesss ^_^


Kukis Natal..

Yes, begitulah awal terpikir untuk membuat kukis sebagai hantaran tamu ketika natal kemarin. Mau buat cupcakes rasanya bosan karena natal tahun lalu saya sudah membuatnya untuk para tetangga yang datang.

Note: Walaupun bentuknya acak adut, tapi rasanya MANTAP.. ^_^


Nah, berhubung si bocil lagi doyan banget sama yang namanya cemilan, akhirnya diputuskan untuk membuat sebuah cemilan yang agak gede, sedikit awet, dan harus enak. Seharian googling dan dapatlah sebuah resep yang sepertinya menggelitik untuk segera saya eksekusi di dapur. Si pembuat resep meyakinkan saya kalau kukis yang satu ini benar benar enak renyah dan pas. Secara saya belum pernah membuat kukis yang renyah garing gitu, kukis bunga saya di dua tahun lalu berakhir dengan sedikit melempem tidak tahan lama walaupun cantik dan elok rupanya.


Dan betul sekali, si bocil gemar bukan kepalang menyantap habis setoples besar sendirian. Belum tiba hari Natal, kukis ini sudah ludes, toples sudah kosong melompong. Hahaha.

"Ma, mau kukis.. Ma, mau kukis lagi.." kata si bocil setiap hari sampai si kukis habis, bis..

Perasaan campur aduk jadi satu, antara sedih dan gembira. Sedih karena si kukis gak jadi buat hantaran tamu ketika Natal, tapi senang karena si bocil menyukai kukis buatan mamanya. ^_^

Okelah, langsung saja kita lihat resep dan pembuatannya ya.

Cookies Giant KokoCrunch

resep diadaptasi dari Justtryandtaste

Bahan-bahan:

- 230 gram butter (gunakan butter agar kukis lebih enak)
- 200 gram gula pasir
- 2 butir telur
- seujung kuku garam
- 1 sendok teh bubuk vanila extract
- 200 gram tepung terigu
- 100 gram tepung maizena
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh baking powder
- 350 gram sereal (saya pakai kokocrunch, bisa juga dicampur dengan cornflakes)
Note: saya hanya pakai 200 gram kokocrunch, makannya kukis saya meluber banget. Kalau memakai sesuai resep sepertinya bentuk kukis akan lebih cantik ya. Maklum, saya pakai persediaan yang ada.
- 100 gram chocochips

Cara membuat:

Siapkan oven, set api sedang.
Letakkan rak di tengah oven. Siapkan loyang untuk memanggang kue kering, olesi dengan mentega, atau bisa alasi menggunakan kertas roti. Sisihkan.

Siapkan mangkuk isi terigu, maizena, baking powder, baking soda, garam, bubuk vanila, sisihkan.
Siapkan mixer, kocok mentega dan gula pasir. Kocok sampai mengembang dan berwarna pucat. Kemudian masukkan telur satu persatu. Kocok sempurna hingga tercampur rata terlebih dahulu sebelum menambahkan telur yang lain.

Jika telur sudah terkocok rata, masukkan campuran tepung sambil diayak langsung diatas kocokan telur dan mentega tadi. Jika sudah terayak semua, aduk adonan perlahan sampai tercampur rata.
Kemudian masukkan kokocruch dan chocochip. Aduk rata.

Kemudian ambil sekitar satu sendok makan munjung adonan, atau bisa dikatakan 2 sendok makan adonan, letakkan diatas loyang. Tata adonan beri jarak, karena adonan akan meleleh.


Panggang selama kurang lebih 15-20 menit. Atau ketika kukis sudah terlihat kecoklatan dipermukaannya. Biasanya kukis akan lunak ketika masih panas, tapi akan segera mengeras ketika dingin. Lakukan sampai adonan habis ya. Ohya, jika ternyata setelah dingin kukis tetap lunak, jangan ragu untuk memanggangnya kembali ya.

Keluarkan kukis ketika matang dan biarkan di loyang sampai dingin, kemudian pindah ke rak kawat atau piring. Masukkan kukis ke dalam toples kedap udara setelah dingin untuk menjaga kerenyahannya ya.

Selamat mencoba dan menikmati kukis lezat kesukaan semua keluarga.. ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment