Tahu Crispy Siram Cabai Garam - Yang Gurih Yang Pedas

Tahu Crispy

Beberapa waktu yang lalu tepat sebelum tahun berganti yang baru saya mengolah tahu menjadi suatu hidangan yang sedikit berbeda di meja makan. Sebenarnya ini bukanlah resep baru, restoran-restoran chinesse food sudah banyak yang menjadikannya menu camilan andalan. Hanya karena dorongan hati agar si papa El lebih excited menyantap si tahu membuat saya memutar haluan untuk membuat sebuah camilan berbahan tahu berbeda yang kini menjadi kegemarannya, krispy, gurih, asin, dan pedas tentunya.


Untuk mendapatkan tahu yang renyah harus ditambahkan beberapa macam tepung. Tepung jagung dan tepung sagu menjadi sumber kerenyahannya. Dan tahu masak seperti ini biasanya cepat ludes kala weekend tiba, maklum si penggemar sedang berada di rumah seharian. ^_^

Kalau tidak terlalu suka pedas, takaran cabai rawit bisa disesuaikan selera yah teman.

Berikut resepnya.

Tahu Crispy Siram Cabai Garam

Bahan:

10 tahu putih kotak kecil
3 sendok makan tepung jagung/maizena
2 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
Minyak untuk menggoreng tahu secukupnya

Bahan bumbu:

1 bonggol bawang putih, cincang halus
10-20 cabai rawit merah, cincang halus
10 cabai rawit hijau, cincang halus
3 sendok makan minyak untuk menumis
1 sendok makan margarin
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu bubuk jamur(saya pakai totole)
1 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:

Siapkan panci isi air agak penuh, masukkan tahu hingga terendam. Beri satu sendok teh garam. Masak tahu hingga air mendidih, matikan api. Kemudian potong-potong tahu 3x3cm. Tiriskan menggunakan serbet bersih atau tisu dapur sampai benar-benar kering.

Siapkan wadah masukkan tepung maizena dan tepung sagu juga garam dan merica bubuk, aduk rata. Masukkan tahu yang sudah dikeringkan. Aduk pelan agar semua tahu terbalut tepung dengan sempurna.

Siapkan minyak agak banyak untuk menggoreng tahu. Panaskan minyak sampai benar-benar panas. Masukkan tahu satu persatu agar tak berhimpitan.
Goreng tahu hingga berwarna kekuningan di satu sisi kemudian baru balikkan ke sisi lainnya.

Ketika menggoreng tahu jangan terlalu sering diaduk-aduk, ini akan membuat tahu akan saling berdempetan, juga malah membuat tepung terlepas dari tahu. Jadi biarkan saja sampai salah satu sisi matang, baru dibalikkan ke sisi yang belum matang.

Setelah tahu matang, angkat dan tiriskan.

Siapkan wajan beri minyak untuk menggoreng bawang secukupnya. Goreng cincangan bawang tadi. Aduk terus agar bawang cepat matang merata. Buru buru matikan api apabila warna bawang goreng sudah kekuningan. *jangan seperti saya ya, di foto terlihat bawangnya agak gosong kan.. hehehe. Itu akibat terlalu lama saya biarkan bawangnya menguning.

Tiriskan bawang goreng.

Masih menggunakan wajan bekas menggoreng bawang tadi, masukkan margarin, lelehkan. Kemudian masukkan semua cabai, garam, gula, kaldu, merica bubuk. Tumis hingga matang, kemudian matikan api. Lalu masukkan bawang goreng tadi, aduk rata, dan cicipi rasanya. Sesuaikan selera ya. Setelah bumbu rata kemudian masukkan tahu krispy tadi, dan aduk hingga rata.

Siapkan di piring saji.

Bila anda suka, boleh taburkan irisan daun bawang untuk menambah selera.

Cocok di santap panas-panas, dengan nasi putih hangat ataupun tidak. Semua enak, mantap dan pedass..

Selamat mencoba ^_^







Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment