Martabak Kornet Mini - Cocol Sambel Kecap Sensasi Baru


Beberapa minggu yang lalu si Papa ngidam martabak manis terang bulan, langsung aja aku giring ke warung penjual martabak Bangka yang belum pernah kami cicipi sebelumnya yang tak terlalu jauh dari rumah kami. Warungnya terbilang baru dan belum lama buka, yang jual engkoh2 asli orang Bangka. Aku pesan 2 jenis aja sekalian ya karena lagi males alias gak selera makan yang manis-manis, soalnya wajah sendiri kan sudah manis. -Pedetingkatdewa ^_^



Gak berapa lama kami bawa pulang tuh 2 bungkus martabak, satu martabak manis, dan satu martabak telor. Sampe rumah langsung dibuka walopun masih kemepul uap panasnya, langsung aja sikaatt..
Tapi selanjutnya komentar si papa yang keluar, ih gak terlalu enak nih martabak manisnya. Gak terima sama komentar papa aku langsung mencicipi martabak asinnya. Iya euy, ternyata si martabak asin juga tak terlalu enak. Entah kenapa rasanya hambar. Padahal kami beli dengan harga yang lebih mahal lho dibanding warung martabak kaki lima yang biasa jadi langganan kami. Menyesal dan kapok, gak akan beli lagi di warung martabak bangka itu.

Nah berbekal dari pengalaman beli martabak yang hambar itu, mood aku tertantang untuk membuat martabak yang enak bin delicious.. ^_^ Genap seminggu aku memutuskan untuk membuat martabak mini ini. Sebenarnya resep dan cara pembuatannya hampir sama dengan resep martabak mini yang pernah aku posting dahulu, resepnya bisa dibuka disini ya. Hanya saja bahan pendamping yang saya gunakan berbeda. Kali ini saya menggunakan daging kornet. Karena weekend kemarin kebetulan aku juga membeli sekaleng kornet di supermarket.


Teman makan martabak kali ini juga berbeda, kalau di martabak bangka kemarin ada acar ketimun dan cuko. Di elrecipy kali ini teman martabaknya adalah sambel kecap. Maknyuss dicocol. Sambel kecap sendiri buatnya gampang banget kok, cuma beberapa butir cabe rawit dan bawang merah juga bawang putih di uleg terus digoreng sebentar. Setelah matang campur dengan kecap manis. Jadi deh sambel kecap enak.

Ini aku tulis lagi resep martabaknya ya.

Martabak Kornet Mini


Bahan:

- 2rb Daun bawang
- 2 butir telur
- 100 gram daging kornet 
- 3 butir bawang putih
- seujung sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh bubuk kaldu(saya pakai kaldu jamur)
- kulit lumpia

*note: untuk kulitnya aku pakai kulit lumpia yang biasa dijual di mbak tukang sayur/di pasar

Cara membuat:

1. Iris halus daun bawang, sisihkan

2. Siapkan daging kornet

4. Haluskan bawang

5. Ambil mangkok besar dan campurkan semua bahan, aduk rata menggunakan garpu dan sendok



6. Siapkan selembar kulit lumpia, ambil kira kira satu sendok adonan martabak, letakkan di tengah kulit tadi. Lalu lipat bagian bawah dahulu, kemudian tutup atasnya, lipat habis samping kanan, samping kiri, dan jadilah sebuah martabak mini. Lanjutkan sampai adonan habis.





 7. Bila anda belum ingin menyantapnya semua, anda bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di kulkas, ataupun di freezer untuk penyimpanan lebih lama.

8. Ambil beberapa untuk disantap, tinggal di goreng dalam minyak panas deh, angkat jika sudah berwarna kekuningan ya.

Oya, api kompor jangan besar-besar ya, nanti kulit cepat gosong tetapi dalamnya belum matang sempurna. Jadi pergunakan api kecil-sedang saja.

Ok, selamat mencoba. ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment