Misoa Goreng Ayam Berbalut Tepung

misoa goreng tepung

Andai di tempat tinggal saya sekarang ini seperti di rumah mama di Gombong dahulu, yang setiap siang beranjak sore selalu didatangi sang penjual jajanan keliling. Dahulu sepulang sekolah, saya pasti selalu absen membeli beberapa ataupun hanya satu buah jenis jajanan yang dibawa si penjual keliling itu. Lengkap jajanan si penjual itu. Dari cemilan basah seperti apem, bolu kukus, sus isi vla ataupun rogut, goreng-gorengan, sampai keripik singkong dan lanting yang dibumbui pedas manis. Semua sudah pernah saya coba. Karenanya saya sering merasa kangen dengan jajanan ala kampung itu.

Ide memang berawal dari si tukang jajanan itu, dan ketika melihat setengah pack misoa kering yang hampir kadaluwarsa, saya kemudian mengingat kudapan misoa yang jarang sekali saya membuatnya. Misoa goreng. Biasanya misoa kering itu saya masak dengan cara di buat sup dan dicampur di kuah telur dan oyong. Yah untuk menu makan si boscil. Tapi belakangan karena bosan 1/2 pack misoa kering itu teronggok di rak dapur begitu saja.

Tekad sudah bulat untuk membuat misoa goreng ini. Jika si tukang jajanan keliling dulu membalut misoa dengan telur, kali ini saya ingin membalutnya dengan tepung. Ya sama seperti membuat mendoan gitu. Teman menyantap misoa goreng ini juga sebenarnya si lombok rawit hijau, tapi berhubung si lombok lagi out of stock akhirnya sambel botol pun jadilah yaa..

misoa goreng tepung

Nah ini dia resepnya..

Misoa Goreng Tepung


Bahan misoa:

- setengah pack misoa kering siap masak
- 3 butir bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1 buah wortel, iris dadu kecil-kecil
- 1 buah dada ayam fillet, potong-potong kecil halus
- 1 batang daun bawang dan seledri, iris halus
- 2 sendok makan minyak untuk menggoreng bawang
- 2 gelas air

Bahan tepung:

- 1 butir bawang putih
- 5 sendok makan tepung terigu
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml air
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Siapkan wajan, tumis bawang putih, jika sudah harum masukkan ayam dan wortel.. Kemudian tambahkan air bersama merica, gula, dan garam, aduk-aduk, tutup sebentar hingga wortel dan ayam empuk dan matang, air juga mendidih.

Jika sudah matang dan air mendidih, masukkan misoa, masak sampai misoa matang dan air menyusut habis, tambahkan irisan daun bawang dan seledri.

Cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera.

Matikan api, tuang dalam loyang segi empat. Ratakan dengan cara menekan agar misoa padat.

Kemudian biarkan sampai benar-benar dingin, atau masukkan dalam kulkas minimal 2 jam.

Buat adonan tepung:

Panaskan minyak.

Sementara itu campur semua bahan di mangkok, aduk rata agaar tidak ada tepung yang menggumpal. Jika dirasa adonan terlalu encer, tinggal tambahkan tepung ya. Ataupun sebaliknya.

Kemudian keluarkan loyang misoa dari kulkas, potong-potong berbentuk persegi panjang atau sesuai selera.

Ambil setiap satu potong misoa dan celupkan ke adonan tepung. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan dengan api sedang.

Lakukan sampai potongan misoa habis.

Kemudian tata di piring saji, dan siap disajikan.

Selamat mencoba.. ^_^

misoa goreng tepung

Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment