Oseng Mercon - Si Pedas Penggugah Selera

resep oseng mercon
Nyamm-nyamm... 
Ngilerrrr....
Makan satu piring nasi plus oseng mercon satu piring kecil gak bisa berhenti, kalau nekat berhenti walau sejenak dijamin gak bisa lanjut sampai habis.. ^_^

Bagi para penggemar masakan pedas, hayo siapa yang gak ngiler kalau disuguhi makanan seperti ini? Kalau saya sudah pasti sampai terbawa mimpi kalo sampe gak mencobanya. Gimana nggak, oseng mercon ini salah satu makanan nostalgia sewaktu jaman kuliah dulu #kayak kuliahnya sudah berpuluh tahun yang lalu ya, padahal baru beberapa tahun yang lalu.. hehehe.

Waktu kuliah dulu kosan saya terbilang dekat dengan warung si ibu penjual salah satu menu makan malam ini. Jadi lumayan sering saya bersama teman-teman satu kos untuk menikmati makan malam disana. Terlebih si mantan pacar yang sukanya menu pedas gak ketulungan seperti oseng mercon ini jadi menu favoritnya. Walaupun katanya makanan ini mengandung kolesterol yang lumayan tinggi, tapi bagi kami para mahasiswa makanan apapun yang penting lezat dan pas dikantong pasti menjadi langganan.. ^_^

resep oseng mercon

resep oseng mercon

Daging yang digunakan adalah bagian daging bernama sandung lamur. Bagian daging ini bukanlah gajih sapi yang bila dimakan akan tertingal dilangit-langit mulut kita ya teman. Bila dimasak lama seperti dalam oseng mercon kali ini teksturnya akan lebih empuk dan enak dikunyah dibanding kalau masaknya hanya sebentar, teksturnya masih keras atau istilah orang jawa : wulet. Bagian daging ini sering dipakai oleh tukang bakso sebagai campuran dalam semangkuk bakso. 

Membuatnya sendiri sebenarnya tidaklah susah. Hanya waktu kurang lebih 2 jam dibutuhkan agar bumbu-bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging. Jadi rasa daging tidak terlalu terasa lagi tapi melainkan rasa bumbu pedas manis gurih yang menyelimuti seluruh lapisan si daging yang sudah matang sempurna. Tak terbayangkan lezatnya..

Yuk diintip saja resepnya.

Oseng Mercon a la Elrecipy


Bahan-bahan:

1/2 kg daging sandung lamur
1/4 kg cabai rawit merah
5 butir bawang putih
5 butir bawang merah
5 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas, memarkan
1 ruas jari jahe, memarkan
3 sendok makan gula jawa
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
5 sendok teh kecap
1/2 liter air

Cara membuat:

Siapkan daging, potong-potong kotak kecil kurang lebih ukuran 2x2cm.

resep oseng mercon

Haluskan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.


Lalu panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan. Jika sudah harum dan matang, masukkan daun salam, lengkuas, jahe, gula jawa, gula pasir, dan garam.
Aduk aduk sebentar kemudian masukkan daging.


resep oseng mercon

Aduk sampai rata, masukkan kecap manis, dan tambahkan air.

Aduk rata sebentar kemudian tutup, masak sampai kurang lebih 2 jam dengan api kecil. Aduk sesekali agar bagian bawah tidak gosong.

Jika air telah sedikit menyusut, cicipi rasanya. Sesuaikan rasa dengan selera ya.

Masak sampai air habis, dan daging empuk, serta bumbu yang sudah meresap sempurna ke dalam daging dan terlihat minyaknya keluar.

Siapkan piring saji. Sajikan oseng mercon bersama nasi hangat..Dan irisan ketimun penjadi obat penawar pedas sesaat. ^_^  . Nyamm, nikmat pedasnya..

Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment