Ayam Goreng Oatmeal - Serupa Ayam Goreng Resto Cepat Saji

ayam goreng oatmeal

Kalau sudah membicarakan tentang ayam goreng, si boscil pasti excited pake banget. "mau mam, mau ayam goyeng", gitu katanya. Memang ya ayam goreng sangat disukai berbagai kalangan, dari bocah sampai tuir aja doyan sama olahan ayam goreng. 

ayam goreng oatmeal

Dan kali ini saya akan membuat olahan ayam goreng tepung yang rasanya bisa dibilang sebelas dua belas dengan si ayam goreng KFC dan sebangsanya itu, tapi tentunya yang ini lebih sehat ya. Secara diolahnya di rumah dan tanpa bumbu masak dan kawan kawannya itu yang biasanya dipakai di restoran cepat saji. Juga minyaknya, pasti minyaknya bukan bekas dari menggoreng berkali kali. Apalagi kali ini saya menyertakan oatmeal sebagai bumbunya. 

Menurut doktersehat.com oatmeal adalah lapisan terluar pada biji bagian dalam gandum. Sering dijadikan sereal yang menjadi makanan utama negara Skotlandia dan Irlandia sebagai sumber serat terbaik yang dapat dicerna manusia, diyakini dapat menyerap kolesterol sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan menekan resiko jantung koroner. Oats juga mengandung glikemi yang rendah sehingga baik bagi penderita diabetes karena tingkat gula darah yang dihasailkan setelah makan sangat rendah.

ayam goreng oatmeal

Resepnya saya baru saja mendapatkannya dari si Oma. Waktu itu boscil dikasih sepotong ayam goreng seperti ini oleh Omanya, dan dia doyan, habis, kemudian minta lagi. Dan saya kembali berangan angan, besok ketika saya punya ayam akan saya masak seperti ini juga agar si boscil lahap makannya. 

Dan saya pun akhirnya mempunyai ayam yang lumayan itu. Lumayan harganya tapi lumayan besarnya juga. Selain saya olah menjadi Ayam Sawi Masak Kecap kemarin, sebagian saya membuatnya menjadi ayam goreng tepung oatmeal ini. Dan masih ada sebagian lagi di freezer kulkas saya. Yah, besok akan kita pikirkan lagi, akan diolah jadi apa si ayam itu.

Bahan dan cara membuatnya juga mudah saja, gak rumit dan gak ribet kok, suwerr.. Apalagi kalo sudah punya persediaan oatmeal di rumah, gak perlu berlama lama di dapur.

ayam goreng oatmeal

Ayam Goreng Oatmeal


Bahan:

- 1/2 ekor ayam, belah potong-potong sesuai selera besarnya
- 1 butir telur
- 2 sdm oatmeal instan, saya pakai merk queker-oat
- 3 buah bawang putih, haluskan
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- tepung terigu secukupnya, campur rata dengan sejumput garam
- minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

ayam yang sudah dipotong-potong
Kemudian masukkan bawang putih halus, garam, dan merica bubuk, aduk rata. Diamkan kurang lebih 15-30 menit agar bumbu meresap.

Siapkan telur dan oatmeal di wadah, dan blender sampai halus.


Tuang campuran telur dan oatmeal yang sudah diblender ke dalam ayam yang sudah dibumbui bawang tadi. Aduk rata.

Lalu diamkan dan masukkan ke kulkas, minimal selama 4 jam agar bumbu-bumbu meresap sempurna.

Bisa juga disimpan di freezer untuk pemakaian yang lebih lama.

Nah, jika sudah 4 jam, keluarkan ayam, ambil sepotong demi sepotong ayam, dan lumuri dengan tepung terigu yang diberi sedikit garam.

Remas-remas ayam bersama terigu, cubit-cubit ayam agar terigu menempel sempurna ke ayam.

Kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang.

Agar bagian tengah ayam juga matang sempurna, dalam hal ini darah di tulang sudah matang, ketika menggoreng, tutup wajan dan kecilkan api. Tunggu sampai ayam berubah warna kecoklatan kemudian buka kembali tutupnya dan besarkan api sampai kulit ayam berwarna coklat matang.

Angkat dan tiriskan.

Ayam goreng oatmeal enak dinikmati ketika hangat. Anak-anak pasti suka. Tinggal disajikan dengan saus sambal ataupun saus tomat botolan bila suka.

Jadi kita tak perlu ke resto cepat saji lagi hanya untuk menikmati ayam goreng tepungnya ya...

Yang ini dijamin lebih sehat dan nikmat. 

Selamat mencoba ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment