Otak-Otak Ikan Tuna Bumbu Rempah - Spicy & Tasteful


otak otak ikan tuna bumbu rempah
Kebetulan punya stok ikan tuna, kebetulan punya daun pisang yang bagus hasil panen di ujung jalan perumahan. Dan kebetulan pula habis meihat lihat gambar otak-otak di internet. Jadinya ini tangan dan mulut gak bisa diajak kompromi untuk segera mengolah si ikan tuna menjadi otak-otak lezat. Yummy, bayangan si otak-otak enak sudah melintas di kepala saya, tak sabar untuk segera menikmatinya.

Sayangnya untuk otak-otak ini si boscil tak bisa ikut menikmati karena rasanya yang rempah tajam, juga saya tambahkan sedikit cabai merah agar warnanya cerah. Sehingga rasanya pun agak sedikit spicy. Nah kalau sudah berasa pedas si boscil pasti keburu enggan menyantapnya. Alhasil saya dan si papa yang berkewajiban menghabiskan makanannya.


Membuat otak otak ini diperlukan niat yang lagi ON banget, karena adonannya harus dibungkus satu persatu. Ini memakan waktu dan melatih kesabaran ya teman. ^_^

Rasanya yang rempah banget membuatnya cocok jika hanya disantap sebagai lauk bersama nasi putih hangat saja.


Otak-otak ikan tuna bumbu rempah

resep diadaptasi dari banyak sumber

Bahan-bahan:

- 250 gram daging ikan tuna
- 1/2 sdt baking powder
- 2 sdm tepung tapioka/tepung sagu
- 2 butir putih telur
- 2 sdm gula pasir
- 1sdt garam
- 3 lembar daun jeruk, iris halus

- daun pisang untuk membungkus
- lidi bisa juga staples untuk mengaitkan daun

Bahan bumbu halus:

- 1 buah cabai merah keriting
- 4 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas
- 1 batang sereh, sisihkan bagian putih batangnya saja
- seujung kuku jintan
- 1 ruas jari kunyit
- 1/2 sdt ketumbar 
- 100 ml santan kental instan

Cara membuat:

Haluskan daging ikan tuna dengan copper ataupun blender. Sampai benar-benar halus ya. Saya juga menambahkan 3 buah es cube agar daging ikan tetap dingin walaupun diproses dengan copper.



Kemudian siapkan bumbu halus, telur, tapioka, gula, dan garam. Masukkan dan proses bersama daging ikan di dalam copper. Tambahkan juga santan instan. Proses hingga benar-benar smooth.


Adonan saya terlihat kurang halus ya? iya ini karena copper yang saya gunakan tidak bisa terlalu menghaluskan, hanya mencampur dan mengaduk saja. Tapi it's ok lah. ^_^

Kemudian siapkan daun. Oya, untuk daun pisangnya, usahakan dicuci bersih terlebih dahulu ya, dan panaskan/ jerang di atas api agar daun tidak mudah sobek ketika akan dipakai.

Ambil satu sendok adonan, ratakan memanjang.
Kemudian gulung. dan sematkan kedua ujungnya dengan lidi ataupun staples. karena saya tidak punya lidi, maka staples pun jadilah. 
 Lakukan sampai adonan habis.
Panggang dalam teflon sampai kedua sisi gosong dan matang. Ini berhubung saya tidak punya panggangan jadi pakai perkakas yang ada saja.

Sebenarnya jika mempunyai panggangan, otak-otak akan lebih beraroma bila langsung dipanggang dalam api.

Selamat menikmati ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment