Siomay Ayam Wortel - Gampang Kok Enak Pula ^_^

siomay ayam

Kali ini mau pilih makanan yang sehat ah. Kemarin habis di complain si papa yang mau mengurangi makanan yang digoreng-goreng. Pikir-pikir makanan yang sehat sebenarnya ya sejenis dimsum gitu ya. Kalau dimsum kan hampir semua jenisnya dikukus. Jadi tanpa minyak dan lemak jahat.

Dan yes, pilihan jatuh ke siomay, karena sebenarnya saya masih takut untuk membuat kulit hakau yang terbuat dari tepung tang mien itu, jadi beli kulit siomay siap pakai saja di supermarket dan saya akan membuat dimsum varian siomay yang tak kalah lezatnya itu.
siomay ayam
Saat ini siomay sudah menjadi makanan favorit yang digemari di berbagai negara terutama seluruh Asia ya teman. Padahal sebenarnya siomay berasal dari suku Mongolia Dalam, disana disebutnya huhhot shaomai. Kabarnya suku Mongolia ini sudah mengkonsumsi siomay jauh sebelum bangsa China mempopulerkannya. Di suku asalnya siomay biasanya disajikan dalam sebuah piring besar bernama Liang sebanyak 8 buah. Bisa dinikmati dengan di goreng ataupun di kukus. Dan disajikan bersama cuka asam.

Sedangkan di China siomay yang dikenal dengan nama shaomai dalam bahasa Mandarin atau siu maai dalam bahasa Kanton ini disajikan dalam wadah bambu berlubang-lubang dan disajikan bersama kecap cina dan saus sambal dengan rasa yang manis. Di negara asalnya siomay ini dibuat dari daging babi dan dibalut dengan kulit pangsit. Tapi kali ini saya akan menggunakan daging ayam dan wortel saja ya teman.

Kalau mau lebih enak sebenarnya tambahkan sedikit daging udang, agar rasa dan aromanya lebih nendang. Tapi kalau lagi gak ada stok udang, ayam saja juga jadilah. Hehehe. Ini namanya pemanfaatan isi kulkas ya? ^_^
siomay ayam

siomay ayam
Untuk bahan dan cara membuatnya sendiri tergolong gampang kok. Bener,, kalau kayanya sedikit ribet mah saya juga sudah nyerah duluan seperti pembuatan kulit hakau itu yang kayanya super duper ribet.. Hehehee. Padahal belum pernah praktek sudah nyerah duluan, takut duluan ya... Besok deh kapan-kapan, ngumpulin niat dulu ya teman. ^_^

Yuk cuss kita intip bahan n buatnya..

Siomay ayam wortel


Bahan-bahan:

- 1 bungkus kulit pangsit siap pakai
- 250 gram daging ayam, cincang halus/ giling. (saya memakai 2potong paha ayam ukuran besar lalu cincang)
- 1 buah wortel ukuran besar, potong kotak kecil
- 3 butir bawang putih, haluskan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 butir putir telur
- 3 sendok makan tepung sagu
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 sendok teh kecap asin
- 1 sendok teh saus tiram
- 1/2 buah wortel, parut 

Bahan pelengkap:

saus sambal botolan, larutkan dengan sedikit air. 
(saya menggunakan saus merk Belibis)

Cara membuat:

Campur daging ayam dan wortel.

Tambahkan bawang putih, merica bubuk, garam, gula, kecap asin, saus tiram, daun bawang, tepung sagu, dan putih telur. Aduk rata. Sisakan sedikit saja putih telur untuk mengelem bagian sisi kulit ya.

Tes, icip rasa ya.


Kemudian siapkan kulit pangsit, potong hingga menjadi lingkaran. Karena biasanya kulit pangsit berbentuk segi empat. Ini agar hasil akhir siomay berbentuk sedikit rapi. ^_^

Lalu letakkan sesendok adonan di tengah-tengah kulit, olesi pinggiran kulit dengan putih telur, dan rekatkan dengan adonan dan antar kulit agar siomay berbentuk seperti mangkok bunga kecil.

Taburi atasnya dengan wortel parut.

siomay sebelum ditaburi wortel parut

siomay setelah ditaburi wortel parut
Kemudian kukus siomay sampai matang, kurang lebih 30 menit.
siomay yang sudah matang dikukus
Siomay sudah matang dan siap disajikan dengan saus sambal.

Siomay yang sudah matang bisa juga disimpan di dalam freezer untuk penyimpanan yang lebih lama. Tinggal mengukusnya lagi bila ingin disajikan.

Selamat menikmati makanan sehat bergizi. ^_^


Source:
www.surabayahomemade.wordpress.com-asal-usul-siomay
www.kaskus.co.id/thread/siomay-ternyata-berasal-dari-suku-mongolia
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment