Youghurt Cheese Cake With Buttercream and Cheese Topping

youghurt cheese cake
Ini dia nih jenis cake yang sudah jadi incaran sejak lama. Cheese cake dengan olesan buttercream dan taburan keju parut diatasnya. Hmmm, yummy banget rasanya dan kali ini saya mewujudkannya tentunya untuk memuaskan hasrat makan saja ya teman.. Hadeh, pikirannya makan mulu nih.. Tobat-tobat..


Rasanya? gak usah ditanya lagi deh ya. Ngejunya double double. Tapi walaupun menggunakan cheesecream untuk adonannya, rasa kejunya menurut saya sih gak bikin eneg. Mungkin hampir sama dengan Japanese Cheese Cake ya yang juga menggunakan cheesecream didalamnya, youghurt cheese cake ini juga, dan teknik pemanggangannya juga sama yaitu menggunakan teknik au bain marie. Hanya bedanya kali ini menambahkan youghurt sehingga rasanya agak sedikit ringan ya, gak eneg.

youghurt cheese cake
youghurt cheese cake

Tapi jangan ditanya ya kenapa tekstur cake nya itu gak mulus.^_^. Kemarin sempet ada insiden pemanggangan, hehheee. Karena pengalaman membuat JCC waktu yang lalu itu lama, jadinya saya tinggal deh nidurin si boscil karena memang sudah waktunya tidur siang. Ehh, malah ikut ketiduran. Walaupun gak lama mungkin cuma sekitar setengah jam, ketika menengok kematangan si cake ini ternyata apinya mati. Hadehhh, gas nya habis sodara-sodara.. Waktu saya keluarkan si cake ini sudah tak terlalu panas, yang berarti sudah agak lama ya mati apinya. Yowes, pakai oven listrik saja kalau begitu.

Alhasil pemanggangan cake ini dilanjut di oven listrik pakai suhu 180'C selama 30 menit menggunakan api bawah 25 menit dan api atas bawah 5 menit. Jadilah youghurt cheese cake ini teman. Gak tau kenapa saya lebih suka memanggang menggunakan oven tangkring. Mungkin yang gak ribet ya, ribet listrik juga ribet kesetrum. Hehehe, iya pengalaman kalau pakai oven listrik pasti harus pake kain kering dan harus hati-hati banget biar waktu pegang loyang itu gak kesetrum. Jadinya hanya sesekali kalau terpaksa baru pakai si oven listrik deh. ^_^

youghurt cheese cake

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, untuk rasa jangan ditanya deh, enak dan gak eneg walaupun penampakannya gak mulus ya. ^_^

Untuk resepnya sendiri saya melihat dari blognya kak Ros Jintan Manis. Yang menggunakan teknik pemisahan pengocokan.

Youghurt Cheese Cake 


Bahan-bahan:

- 100 gram creamcheese (saya pakai 120 gram)
- 30 gram butter
- 20 gram gula bubuk (saya pakai gula pasir)
- 2 sdm youghurt
- 3 butir kuning telur
*
- 40 gram tepung maizena
- 20 gram terigu
- 20 gram susu bubuk
*
- 3 butir putih telur
- 40 gram gula pasir

Topping:

- buttercream
- keju cheddar parut

Cara membuat:

Siapkan loyang loaf, olesi dengan mentega, lalu lapisi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega.

Panaskan oven dan siapkan loyang yang lebih besar isi dengan air kurang lebih tingginya 1-1,5 cm. Masukkan ke dalam oven. Biarkan agar air menjadi panas. Nanti akan kita gunakan untuk memanggang.

Nah, jika anda menggunakan loyang sambungan seperti saya, tambahkan aluminium foil di luarnya ya, agar nanti air tidak masuk ke dalam loyang. Karena kita akan memanggang dengan teknik au bain marie (merendam loyang menggunakan air).


Campur creamcheese, butter, gula pasir, youghurt. Aduk rata menggunakan kocokan balon atau mixer kecepatan rendah saja, sampai rata.


 Di wadah terpisah campurkan tepung maizena, terigu dan susu bubuk, aduk rata.


Kemudian masukkan campuran tepung ke dalam adonan cheesecake tadi. Aduk rata menggunakan mixer, kecepatan rendah. Usahakan agar tercampur rata saja, jangan kelebihan mengaduk.



Tambahkan kuning telur, aduk rata. Sisihkan.

Sekarang kita akan mengocok putih telur.



Di wadah terpisah kocok putih telur sampai berbusa. Kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Lalu kocok sampai jambul petruk / soft peak (sampai keadaan dimana apabila mixer diangkat, jambul putih telur akan terkulai lemas). Nah kebetulan pengocokan saya agak kelamaan, jadinya bukan soft lagi tapi sudah mencapai hard peak, putih telur saya terlalu kaku deh. Memang jeda waktu pengocokan antara soft ke hard peak itu sangat singkat, jadinya harus sering-sering mematikan mixer untuk mengecek ya, tapi tentunya apabila adonan putih telurnya sudah putih mengembang.

Jika terlalu lama mengocok, memang hasil akhirnya ke cake menjadi tidak terlalu halus, seperti punya saya itu.


Kemudian matikan mixer ya jika sudah mencapai keadaan soft peak tadi. Lalu ambil sesendok adonan kuning telur, gunanya untuk pancingan. Aduk balik, pelan saja.

Setelah tercampur kemudian tambahkan setengah adonan kuning telur, aduk lagi menggunakan teknik aduk balik. Dorong spatula ke dasar lalu angkat dan di balik, sampai adonan tercampur antara kuning dan putihnya. Lakukan dengan pelan ya. Jangan buru-buru karena bisa menyebabkan udara yang sudah terbentuk di putih telur bisa keluar dan putih telur menjadi mencair sehingga nanti cake akan bantat.

Tambahkan setengan adonan kuning lagi, aduk sampai rata.

Kemudian tuang ke dalam loyang. Masukkan ke oven dan letakkan di atas loyang yang berisi air yang sudah panas tadi. Ini disebut teknik au bain marie. Panggang selama kurang lebih 40 menit. Ini tergantung oven dan api masing-masing ya. Jangan terlalu jadi patokan.


Atau panggang sampai permukaan cake berwarna kuning kecoklatan yang berarti caek telah matang. bisa juga gunakan tes tusuk lidi ya.

Kemudian diamkan sampai benar-benar dingin, dan masukkan ke kulkas selama 2-3 jam. Olesi dengan buttercream dan taburi dengan keju cheddar parut diatasnya.

Sajikan dingin lebih nikmat. ^_^

Happy baking^^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment