Cake Marmer Jadul - Camilan si Bos Cilik

marmer cake jadul

Haloo teman.. 
Apa kabar hari ini? Kemarin habis off seminggu nih saya, biasa kalau weekend rasanya males nyalain si kompi waktunya main-main sama anak dan suami ^_^. Hari ini mulai lagi menyibukan diri deh. Sebenernya sudah dari senin sibuknya, karena pesanan lanting dateng dan harus langsung dipacking karena sudah banyak yang nunggu alhasil semua tenaga dan pikiran ini dari kemarin berpusat sama si lanting. Baru hari ini kelar sejenak. 
marmer cake jadul

Semalem sudah sibuk buat roti gandum sobek request si papa. Ya karena kepincut sama killer soft bread minggu lalu itu, hanya saja tepungnya diganti dengan tepung gandum bukan terigu untuk mendukung program dietnya si papa. Resep dan caranya besok ya menyusul diposting. ^_^

marmer cake jadul

Nah siang tadi tiba-tiba kepingin buat cake jadul. Sebenernya sudah lama resepnya saya intip-intip dari artikelnya bunda Nina di catatan-nina. Tapi baru kewujud sekarang deh karena rasanya kangen banget buat cake. Tujuannya juga untuk cemilan si bos cilik di rumah. Maklum dia kalo gak ada cemilan suka rewel, jadi emaknya ini tiap hari harus sibuk buatin cemilan buat dia.

Cake jadul ini tidak terlalu manis. Pas buat yang suka cake yang manisnya gak over. Biasa kalau jenis buttercake gitu manisnya pake banget kan. Nah kalo ini pas deh gak buat eneg. Teksturnya lembut dan padet tapi gak bantet, jadi lumayan kenyang deh makan satu potong cake jadul ini.

marmer cake jadul

Bahan untuk membuat cake ini cukup mudah didapat, dan cara membuatnya juga gampang. Jadi gak usah takut untuk membuat cake ya teman. Yang katanya resep Pak Sahak ini sudah terkenal gampang dan dijamin enak. Yuk ceki-ceki resep dan caranya.

Cake Marmer Jadul


Bahan-bahan:

5 butir telur
125 gram gula pasir
1 sdt emulsifier (saya pakai baking powder double acting)
1 sdt vanila bubuk (saya skip krn lupa)
150 gram tepung terigu serbaguna (saya pakai kunci biru)
15 gram maizena
15 gram susu bubuk
100 gram mentega cair
50 gram minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat (saya pakai 2 sdt coklat bubuk larutkan dg 2 sdm air hangat)

Cara membuat:

Panaskan oven, olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung, sisihkan. Saya pakai loyang tulban diameter 22 cm, tapi kayaknya lebih pas kalau pakai loyang yang diameter 20cm deh, karena cake saya jadinya agak tipis. Mungkin kalau teman punya bisa pakai yang 20cm saja ya.

Kemudian siapkan bahan-bahannya.
Campur mentega cair dengan minyak, sisihkan.
Campur semua bahan tepung, sisihkan.


Masukkan telur, gula pasir dalam satu wadah.

Campur semua bahan tepung, lalu ayak langsung diatas wadah telur dan gula tadi.


Kocok telur, gula, dan campuran tepung dengan speed tinggi selama kurang lebih 9-10 menit sampai adonan terlihat kental. (All in one method)

Matikan mixer. Kemudian tuang campuran mentega cair dan minyak sedikit demi sedikit.

Aduk balik menggunakan spatula hingga adonan menjadi homogen atau tercampur baik dan rata.


Lalu ambil 2 sendok sayur adonan di mangkok terpisah, masukkan coklat pasta dan aduk rata.


Siapkan loyang, tuang adonan putih terlelbih dahulu ke loyang, kemudian disusul adonan coklat diatasnya.

Acak adonan coklat menggunakan ujung sumpit atau garpu, agar adonan coklat menyebar membentuk motif marmer. Hati-hati jangan sampai kena dasar loyang ya.


Kemudian panggang selama 30-45 menit tergantung oven masing-masing. Lihat bila permukaan cake sudah berwarna kecoklatan segera tes tusuk dengan lidi. Apabila tak ada adonan yang menempel berarti cake sudah matang.

Matikan oven dan segera keluarkan cake dari loyang, dan dinginkan.


Setelah dingin, potong-potong cake dan silakan dinikmati. ^_^

Tadi begitu cake sedang saya dinginkan diatas rak kawat, si boscilik sudah datang menyerbu seperti kelaparan. Padahal sebelumnya baru saja menghabiskan sepiring nasi plus lauknya. Hehehe.

Namanya bocah ya, sebentar-bentar lapar ^_^

Selamat mencoba ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment