HEKENG AYAM alias HEKENG HALAL



Haloo moms..

Malem malem waktunya istirahat yaa,, aku malah nyempetin posting resepku ini. Mumpung para bocah dah pada tidur jadi waktunya me time kan??
Dari kemaren dah ditanya bahan dan cara bikin si hekeng ini, karena dah keburu posting di fesbuk dan ig.. xixixixxiii.. ma-app.. malah belum nulis di elrecipy.com.. Jadi ini dia resepnya yahh.. Moonggo yang mau ikutan bikin buat para krucil di rumah.. selain enak, kualitasnya juga terjaga.. secara kan bikin sendiri.. ^_^ Kemaren si koko aku kasi lauk ini, eh minta nambah doi.. Katanya.. Maa, nanti makan malemnya kaya yang tadi mama bawain bekel aku yaaa.. Mamanya cuma bisa jawab, Okehh cinta.. sambil kegirangan di dalem hati karena si bocah doyan.. ^_^

Hekeng ini aslinya berasal dari kota Pontianak. Makanan ini terdiri dari daging giling yang dibungkus dengan kulit tahu, dikukus, lalu dipotong-potong dan digoreng dahulu untuk penyajiannya. Dan daging yang dipakai adalah campuran daging babi dan udang. Nah,,, berhubung saya punyanya daging ayam jadi dibuatlah dari daging ayam.. 

Kalau dilihat dari penampakan si hekeng itu, ada ijo-ijo yahh? itu karena aku campur pake daun kucai yang diiris kasar ke adonan daging. Jadi biar lengkap aja gizinya ada protein dari daging dan ada vitamin dari sayuran.. Mungkin ini solusi jitu yah moms buat anak2 yang gak suka sayuran, bisa diakalin tetep makan sayur.. Kalo krucil ku hekeng ini buat camilan lauknya, karena menu utamanya nasi dan sayuran berkuah bening.. ^_^


HEKENG AYAM ala elrecipy


Bahan:

- 1 lembar kulit tahu, jerang dengan air panas
- 250 gr daging ayam giling
- 1 ikat daun kucai, potong potong kasar
- 1 butir telur
- 2 buah bawang putih, haluskan
- 1 sdt bumbu ngohiang
- 1/2 sdt merica bubuk
- gula garam secukupnya
- 2 sdm terigu

Cara membuat:

- siapkan kukusan.
- aduk jadi satu semua bahan kecuali kembang tahu
- ambil adonan dan ratakan di seluruh permukaan kembang tahu
- gulung sambil diratakan
- bungkus dengan aluminium foil
- kukus sampai matang, kurang lebih 20 menit.

Untuk penyajian:

- potong potong hekeng dan goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan.

Selamat mecoba ^_^
Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment