SUP IGA BEREMPAH dan Bolak Balik Cetak Foto


Sudah dari minggu lalu koko membawa pulang kartu jemputan sekolah yang harus ditempel foto para penjemput dan foto dia sendiri. Seharusnya kemarin Sabtu or Minggu bisa dikerjain sama si mamak buat cetak foto, tapi sayangnya si mamak kelewat syibukk.. Sabtu Minggu malah garap orderan kue. Pagi garap buat sore, gitu selama 2 hari. Jadi maapkeun si mamak kalo hari Senen si koko ditagih sama Missnya (read:Gurunya) di sekolah yaa..



Jadi kemaren Selasa habis rampungin kerjaan rumah langsung cuss ke tukang cetak poto bawa si anak bayik, yahhh itung-itung sekalian belanja en cuci mata yess.. soalnya si tukang poto terdekat adanya di mol.. xixixiii...*moduss..
Berangkat jam 10 dengan perkiraan pulang jam 12. Sebelum koko pulang udah harus sampe di rumah buat kasi surprise koko.. "taaraaaa... ini foto udah jadi...." *mbayangin ssenengnya si koko karna tiap detik kemaren nagih mulu suru cetak poto habis dipesenin si Missnya...

Sampe emol langsung cetak, suruh nunggu setengah jam.. okeh ditinggal belanja dulu ya mas.. ^_^
Puter-puter cari barang belanjaan.. Udah jadi kebiasaan memang tiap beberapa minggu sekali pergi ke mol sini buat belanja bahan lauk pauk. Karena selain barangnya yang fresh alias seger, sering juga banyak diskon dikasi. Paling banyak kalo weekend tuh, hampir semua barang-barang yang gak penting pun ada diskon. Karena kemaren perginya weekday jadi dikit deh potongan harganya. Tapi tetep yah, namanya mamak kalap, mikirnya sekalian belanja, ambil ayam kampung, daging giling, sosis bratwurst, dan Iga sapi ini. 

Mau curcol dikit nih ya, kalo aku bandingin beli ayam kampung disini sama di pasar or tukang sayur, malah murahan di mol loh. 1 ekor cuma 55rb yang ayam kampung organik. Kalo di pasar or di tukang syur keliling bisa 70rb an.. ukuran juga bisa dibilang 11 12.. Kalo mau yang besaran di tukang sayur bisa 80rbuan.. Sama juga iga sapi. Sekilo kena 80rb, di pasar 90rb. Udah gitu kalo beli di pasar banyak tulang2 remuk nya, karena motongnya gak pake mesin tapi pake golok, beda sama yang di jual di supermarket gini, potongannya rapih dan gak ada tulang remuk.



Belanjaan dah lengkap plus kaki dah pegel muter-muter. Jalan ke kasir dan bayar. Terus gak lupa ambil foto yang seharusnya udah jadi, karena ternyata belanja mamak tadi menghabiskan waktu 1 jam setengah.. Belanjaan udah beres dan fotopun udah ditangan. Saatnya pulang nempelin foto pesenan koko. Dan ternyata setelah ditempel dikartu jemputan itu, masi ada kotak yang kosong karena fotonya kurang... Aarrrghhh.. Kudu balik lagi buat cetak lagi... Ohemji...


Kembali ke Sup Iga, ini sup favorit sekeluarga, dari mamak, bapak, sampai duo krucils. Kalo si koko suka banget sama lemak lemaknya itu, empuk. Kalo si dedek mah dijejelin apa aja mau, dia baru belajar makan apa aja yang dimasak mamaknya. Tapi kalo dimasakkin sup gini dia juga paling doyan, nyuapinnya gak pake lama.. wuss wass wuss ditelennya..


SUP IGA BEREMPAH

by elrecipy

Bahan:

- 200 gr iga sapi
- 3 buah wortel, potong sesuai selera
- 2 buah kentang, potong sesuai selera
- 1 buah tomat besar, potong2
- 2 batang daun bawang, iris besar

Bumbu:

- 1 sdt pala bubuk
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt jinten bubuk
- 1 ruas jahe, geprek
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1-2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat:

Rebus iga sapi dengan 2 lt air sampai empuk. Kalau air menyusut tambahkan lagi. air kaldu akan dijadikan kuah sup.
Bila iga sudah empuk, masukkan wortel dan kentang. Masak sampai wortel dan kentang matang dan empuk.
Tambahkan semua bumbu kecuali bawang merah goreng. Tes rasa.
Setelah semua matang, masukkan daun bawang. Masak sebentar sampai daun bawang layu.
Angkat dari kompor, pindahkan ke mangkuk saji, lalu taburkan bawang goreng. 
Siap disajikan.. ^_^




Share on Google Plus

About Yannti Basuki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment